Rabu, 27 Mei 2009

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang merupakan Simbol dari kota Bukittinggi yang memiliki cerita dan keunikan tersendiri. Didirikan oleh Controleur Rook Maker pada tahun 1926 yang berlokasi di pusat kota, bangunan ini dirancang oleh Putra Minangkabau Jazid dan Sutan Gigih Ameh. Pada masa penjajahan Belanda, jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan, sedangkan pada masa pendudukan Jepang, berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau.

Ukuran diameter jam ini adalah 80 cm, dengan denah dasar 13x4 meter sedangkan tingginya 26 meter. Pembangunan Jam Gadang yang konon menghabiskan total biaya pembangunan 3.000 Gulden. Jam Gadang memiliki keunikan yaitu, bla penulisan huruf Romawi biasanya pada angka enam adalah VI, tetapi Jam Gadang menggunakan huruf Romawi angka empat dengan simbol IIII (umumnya IV).

Jam Gadang dikelilingi oleh taman bunga dan pohon-pohon pelindung, yang dapat memberikan kesejukan dan berfungsi sebagai alun-alun kota. Dari puncaknya kita dapat rnenikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam sekitar Bukittinggi vang dihiasi Gunung, Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok.

Disekitar Jam Gadang ini juga telah dibangun taman yang menambah semarak dan indahnya lokasi tersebut dengan berbagai bunga dan pepohonan serta fasilitas tempat duduk dan digunakan untuk menikmati pemandangan kota yang sangat menawan, sambil menikmati makanan spesifik. Selain itu disekitar Jam Gadang terdapat Istana Bung Hatta atau Tri Arga dan terdapat sebuah plaza yaitu Plaza Bukittinggi.


Jika anda mau berencana untuk datang ke Sumatra Barat, Silahkan hubungi kami untuk mengurus perjalanan Wisata anda.


Dreamland Holiday
Jl. Yos Sudarso No 13, Bukittinggi
West Sumatra, Indonesia 26113
Phone: +62 752 7022777/ 7003322
Fax : +62 752 22451
Hp: +6281808977899
Email: reservation.dreamland@gmail.com
http://dreamlandbukittinggi.indonesiatravel.biz
Ym: rantie_aja@yahoo.com/ Ranty
heffe_sandy@yahoo.com/ Sandy
dreamlandholiday@yahoo.com/ Tika
dreamlandholiday2@yahoo.com/ Erna
dreamlandholiday3@yahoo.com/Heliza

Melayani/ services :
Rental Mobil/ transport hire
Pembuatan Paket Tour/ tour package
Hotel Voucher
Travel Insurance
Pelayanan pemandu wisata/ Tour Guide
Money Changer, etc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar